Informatika dan Pembelajarannya

Pertemuan ke-4

Informatika dan Pembelajarannya

Seperti yang kita semua teman-teman di SMP Labschool ketahui, kita telah mempelajari berbagai macam materi yang sangat seru tentang Informatika. Banyak sekali pengalaman menarik yang telah kita bersama-sama lalui saat di kelas 7. Salah satunya materi Bab 1 tentang Informatika dan Pembelajarannya. Bab ini akan membuat kamu mengerti caranya menjadi pribadi yang baik, dan belajat membuat game di komputer dengan cara yang sangat menyenangkan.

Di pelajaran Informatika kita tidak hanya belajar materi tertulis, tapi kita juga belajar melalui bermain game, bahkan kami berhasil menciptakan permainan menggunakan komputer. Ngomong-ngomong Informatika adalah disiplin sains yang mengkaji struktur dan ciri (bukan isi spesifik) informasi ilmiah, juga keajegan keaktifan informasi ilmiah, teori, sejarah, metodologi dan organisasi informasi ilmiah.

Aku berhasil membuat game di web scratch saat kelas 7. Kita juga bisa memainkan game karya teman-teman kita. Belajar Informatika dapat melatih fokus, konsentrasi, dan kekompakan antar teman dengan tugas-tugas kerja kelompok yang guru berikan. Kami juga belajar cara menggunakan web canva yang di mana web ini dapat memungkinkan kita untuk membuat presentasi bersama-sama secara online.

Berikut link game karya saya >Snake<

Video Bunda saya bermain Snake game buatan saya, hehe ;D

Metode drag dan drop di scratch

Belajar Informatika pun tak hanya tentang nilai, tapi kita belajar caranya bekerja sama, mengakrabkan kita, menjadikan kita pribadi yang lebih bermoral. Dan dengan belajar melengkapi Rumusan Profil Pelajar Pancasila yang ialah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Masa-masa di kelas 7 merupakan pengalaman yang sangat berharga dan menyenangkan. Banyak juga pengalaman yang menanti kita di kelas 8 bersama Om Jay untuk belajar Informatika bersama-sama.

Dan perlu kita tahu bahwa Informatika sekarang ini telah menjadi cabang ilmu, khususnya ilmu computer yang sangat amat penting sekali untuk kehidupan manusia sekarang ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi jaman sakarang, yang sudah pesat sekali perkembangannya. Dengan mempelajari informatika, kita jadi tahu cara menggunakan komputer dengan cara yang paling tepat, dan bahkan kita dapat menciptakan aplikasi yang bisa mengubah dunia. Permainan di gadget yang kita sering mainkan merupakan hasil dari perkembangan ilmu komputer.

Sangat menarik bukan? Jadi ayolah kita semua belajar informatika bersama!


5 Pertanyaan Reflektif 

1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Ya


2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu! Seperti saat membuat game, itu sangat menyenangkan dengan cara-cara coding drag and drop yang sederhana, kita berhasil menciptakan game yang bisa dimainkan semua orang.

3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII? Ya, seperti saat bermain media sosial, kita sangat bergantung pada ilmu informatika.

4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting? Pemrograman.

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri! Kita telah mempelajari 7 bab informatika yaitu dari bab pertama  Informatika dan Pembelajarannya, Berpikir Komputasional, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sistem Komputer, Analisis Data, dan bab yang terakhir ialah Algoritma Pemrograman.


Dan beberapa materi lain yang saya ketahui:

Berpikir Komputasional (BK) adalah cara menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika).

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.

Sistem Komputer (SK)  adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​ menghasilkan informasi.

Jaringan Komputer dan Internet (JKI) adalah himpunan beberapa perangkat seperti komputer dan alat elektronik lainnya yang terhubung satu sama lain.

Analisis data (AD) adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, menginformasikan kesimpulan dan mendukung pengambilan keputusan.

Algoritma Pemrograman (AP) adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dampak Sosial Informatika (DSI) adalah suatu studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi.

Praktik Lintas Bidang (PLB) adalah sebuah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pekerjaan maupun penge
mbangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni.


Sekian, terima kasihh ;D

Aliyya Najma Putri Batubara (03) 8D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Jaringan Internet dan Komputer?