ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8

ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8

1. Di dunia yang saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini. Akibatnya, di banyak negara, informatika mulai diajarkan sejak usia lebih dini, khususnya untuk membentuk pola pikir yang disebut berpikir komputasional (computational thinking), yang merupakan salah satu literasi baru, sejalan dengan literasi digital. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut! 
  1. Berpikir Komputasional
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Sistem Komputer
  4. Jaringan Komputer dan Internet
  5. Analisis Data 
  6. Algoritma dan Pemrograman
  7. Dampak Sosial Informatika 
  8. Praktik Lintas Bidang Informatika
2. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII polanya sama dengan kelas VII, yaitu ada aktivitas individu dan berkelompok. Aktivitas juga dapat dilaksanakan secara plugged (membutuhkan komputer) dan/atau unplugged (tidak membutuhkan komputer). Dengan adanya aktivitas-aktivitas unplugged, pembelajaran informatika tidak terpaku atau bergantung pada perangkat elektronik semata. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat!
  •  Bisa, saya dapat bekerja sama bersama teman-teman dengan baik dan  menggunakan cara-cara berpikir komputasional, efeketif, dan efisien.

3. Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
  1. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
  2. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari,
  3. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
  4. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.
  5. Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.
4. Ternyata, belajar Informatika tidak selalu harus menggunakan komputer! Justru dengan memerankan diri sebagai komputer atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi. Nah mempelajari Informatika ternyata bukan hanya hal praktis menggunakan komputer. Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer. Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!
  • Belajar mengatur jadwal, mengatur waktu, perbikir efektif dan efisien, mementingkan kepentingan bersama dan bekerja sama merupakan kegiatan belajar informatika tanpa teknologi.
5. Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan keenam dimensi tersebut!
  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif
6. Selain mempermudah kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan dengan dunia nyata, kalian harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!
  • Saya telah melaksanakan Profil Pelajar Pancasila dengan baik, seperti saya telah menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab dengan tugas-tugas saya sebagai siswa SMP Labschool. Dan saya selalu mengutamakan ibadah saya kepada Allah SWT.
7. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional (BK), analisis data (AD), alogitma dan pemrograman (AP), dan dampak sosial informatika (DSI), kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Dalam proses belajar berbagai materi dalam Informatika, kalian belajar untuk mandiri saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Kalian juga akan mengembangkan kemampuan bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif saat berdiskusi dan berkreasi menyelesaikan atau membuat proyek secara berkolaborasi dalam kelompok. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok?
  • Kami berhasil membuat presentasi bersama-sama dengan menggunakan website canva hingga menjelaskan materinya kepada teman-teman lain dan guru dengan kompak

8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!
  • Ya, seperti contohnya saat bermain game catur, itu merupakan cara bermain yang berpikir dengan pola langkah demi langkah hingga menjadi keseruan yang bermanfaat.
9. Siswa mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!
  • Microsoft Office Word
  • Microsoft Office Power Point
  • Zoom
10. Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Misalnya, sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari aplikasi hanya dengan menyalin saja, tidak dapat disebut sebagai artefak komputasional. Sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari proses analisis, merancang, mempertimbangkan kebenaran dan efisiensi serta daya gunanya, akan mempunyai muatan sebagai artefak komputasional. Ini sama halnya dengan makna sebuah patung atau karya seni yang hanya merupakan replika dibandingkan dengan patung atau karya seni asli karya seniman perancangnya. Oleh sebab itu, kalian perlu berusaha mandiri untuk mengasah berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas. Informatika akan mengasah kemampuan kalian dalam berkarya yang bermakna dan berkualitas. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!
  1. Informatika dan Pembelajarannya
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. PPT Aman Bermedia Digital
  4. Resume Jaringan Internet dan Komputer
  5. Komen di blog wijayalabs.com
  6. Menjawab soal dari wijayalabs.com
11. Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal[1]soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh, sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya. Konten yang salah dan tersebar, dapat membentuk pengetahuan yang salah buat banyak orang. Ini ibarat menebar virus jahat yang merusak kehidupan. Konten yang tidak presisi atau tidak akurat, akan berpotensi menimbulkan interpretasi yang salah dan membuat orang lain bertindak salah. Selain konten, sajian juga penting karena di zaman sekarang, orang tidak hanya peduli ke isi, tetapi juga kepada “kemasan”, keindahan kemasan. Format tampilan bukan hanya akan menarik minat pembaca, tetapi juga dapat memperjelas, mempermudah pemahaman dan memperkuat isinya. Proses kalian menghasilkan karya sehingga lebih efisien dan dapat diselesaikan tepat waktu, membutuhkan pemikiran sebelum bekerja. Buatlah sebuah cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai! 


12. Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!


13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!.
  • Saat membuat game sederhana menggunakan website scratch karena menyenangkan dan bisa saling berbagi dan memainkan game karya masing-masing teman.
14. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
  • Pemrograman

15. Salah satu aspek penting informatika adalah mengorganisasi data agar menjadi informasi yang berguna. Hal ini akan kalian praktikkan, dengan mengorganisasi dan menyimpan data tentang kegiatan belajar sepanjang tahun, melalui jurnal kegiatan. Jurnal kegiatan akan dikumpulkan secara teratur dan konsisten sepanjang tahun, membentuk Buku Kegiatan Peserta Didik. Jadikanlah Buku Kegiatan Peserta Didik sebagai album kenangan yang merekam semua pengalaman kalian belajar Informatika! Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat!

16. Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu
  • 3 bungkus gula pasir + kembalian Rp10.000

17. Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: ……………………………………………………………………………………………………. Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8!

B
  • Input adonan berbentuk lingkaran ke lubang input no. 2 
  • Dari bagian K ada lingkaran → segitiga
  • segitiga → persegi
  • persegi → segitiga
  • Ke lubang input nomor 2, segitiga →lingkaran
  • lingkaran → persegi

18. Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!



19. Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!
  1. Siapkan panci dan mie goreng.
  2. Isi panci dengan air, lalu taruh dan masak air.
  3. Buka bungkus mie.
  4. Siapkan bumbu bumbu di atas piring.
  5. Masukkan mie ke panci.
  6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Taruh mie goreng di piring lalu aduk dengan bumbu.
  8. Hidangan siap dimakan.

20. Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang sering kita lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi artefak komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7!

Comments

  1. jawaban nomor 3 harusnya 6, masih kurang satu, nomor 9 baru 3 masih kurang, nomor 15, 16, 17, 18, 19 dan 20 belum ada jawabannya. Silahkan diperbaiki dan omjay tunggu hari ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informatika dan Pembelajarannya

Apa Itu Jaringan Internet dan Komputer?